Transaksi Program Web Pasar BRI Capai Rp 43 Miliar per Oktober 2020


 

Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memiliki komitmen untuk menolong kelangsungan usaha pedagang pasar tradisionil di tengah-tengah wabah Covid-19. Diantaranya dengan memberikan fasilitas pemasaran dengan online lewat program Web Pasar atau Situs Pasar.


Direktur Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI, Haru Koesmahargyo menjelaskan, per Oktober 2020 lalu jumlah transaksi bisnis lewat Situs Pasar capai Rp43 miliar. Meliputi 827.201 transaksi bisnis pemasaran dengan online.


"Sebab pedagang di beberapa pasar tradisionil bisa manfaatkan pemasaran melalui online di Situs Pasar. Hingga tidak harus berjumpa langsung di periode wabah Covid-19 ini," tutur ia dalam seminar bertopik "Periode Depan Agen Pembangunan Saat UU Cipta Kerja", Selasa (03/11).


Menurut dia, sampai Oktober lalu jumlah pedagang pasar tradisionil yang sudah bergabung dalam ekosistem Situs Pasar capai 108.498 orang. Selanjutnya jumlah pasar tradisionil yang terjebak sekitar 14.182.


Situs Pasar sendiri menyebar di sudah menyebar di beberapa kota besar, dimulai dari Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Denpasar, Surabaya, Padang, serta Lampung. Lantas, Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarmasin Makassar, Manado, sampai Jayapura.


agen bola online terbesar hilangkan bosan dengan judi bola online "Kedepan Situs Pasar ditarget mengarah 520.410 pedagang pasar. Serta mengarah 5.241pasar tradisionil di semua Indonesia," tutupnya.


Awalnya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) sudah mengeluarkan 3 situs pemasaran online atau Situs pasar yaitu di Pasar Pemandangan Lembang, Pasar Atas Cimahi, serta Pasar Pagi Cirebon. Hal itu untuk menggerakkan tingkat keproduktifan pedagang pasar tradisionil di Jawa Barat untuk zaman kenormalan baru.


Vice President Regional Konsumen Bank BRI, Andreas Chandra Santoso menerangkan, Situs Pasar yakni suport digitalisasi di pasar tradisionil supaya beberapa pedagang bisa pasarkan dagangannya ke customer dengan virtual. Hingga transaksi bisnis bisa dilaksanakan tak perlu berjumpa langsung di posisi pasar.


"Situs Pasar ini kita siapkan spesial untuk Pedagang pasar. Kita membuat seperti pasar place serta kita buat iklan spesial. Hingga customer dapat pesan langsung ke pedagang," tutur ia dalam Acara pesta Rakyat Simpedes (PSR) 2020 lewat Video.com, Sabtu (12/9).


Dalam rencana perbaikan ekonomi nasional, Bank BRI sudah salurkan Rp 90,1 triliun pembiayaan lewat Credit Usaha Rakyat (KUR). Minimal ada 3,34 juta nasabah yang sudah terima pembiayaan melalui KUR sampai September 2020.


"S/d September bulan kemarin, KUR tahun ini yang sudah diteruskan sekitar Rp 90,1 triliun ke 3,34 debitur," kata Kepala Seksi Usaha Mikro, Bank BRI, Fita Arisanti dalam seminar-online bertema Revitalisasi UMKM, Pembiayaan serta Digitalisasi, Jakarta, Kamis (22/10).


Fita meneruskan kenaikan pendistribusian credit sebetulnya berlangsung dalam 2 bulan akhir. Sesaat untuk semester I-2020 keinginan pada pembiayaan alami pelambatan.


"Pendistribusian credit ini pernah alami pelambatan di bulan April-Mei di semester I," kata Fita.


Tetapi, menyaksikan geliat keinginan KUR yang bertambah berarti inilah memandang sekarang ini sedang berlangsung proses pemulihan saat imbas wabah Covid-19. Tetapi ini terbatas untuk beberapa aktor usaha fragmen mikro yang mempunyai kepercayaan diri pada keadaan ketidaktetapan ekonomi.


"Ini memberikan indikasi di fragmen mikro masihlah ada kepercayaan diri UMKM dapat survive pada keadaan sekarang ini," katanya akhiri.


PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk lagi lakukan pengembangan serta inovasi untuk menyukseskan program – program pemerintahan dalam hubungannya pemercepatan perbaikan ekonomi nasional (PEN). Yang terkini perseroan membuat web spesial yang dapat dijangkau oleh warga untuk pastikan apa memperoleh BPUM dari pemerintahan atau mungkin tidak.


Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menerangkan warga dapat terhubung web eform.bri.co.id/bpum serta cukup masukkan nomor EKTP untuk mengenali hasilnya.


"Jika orang itu terdaftar memperoleh BPUM karena itu bisa langsung bertandang ke kantor BRI paling dekat dengan bawa jati diri. Sedang, untuk pencairan dana BPUM bisa dilaksanakan sepanjang nasabah sudah lengkapi dokumen Surat Pengakuan serta/ kuasa Akseptasi dana BPUM dan Surat Pengakuan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)," urai Aestika.


Adanya keringanan ini diinginkan warga dapat memeriksa dari rumah serta tiada tiba ke kantor BRI hingga kurangi antrean serta kurangi kekuatan keramaian.


Awalnya dengan aktif BRI sudah mengirim SMS pemberitahuan ke beberapa yang menerima dana untuk mempermudah warga memperoleh info.


"Untuk yang menerima BPUM yang tidak mempunyai nomor handphone dikunjungi oleh tenaga pemasar BRI yang menyebar di semua Indonesia," paparnya.


Semenjak dikeluarkan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk 24 Agustus 2020 lalu, BRI sudah salurkan BPUM sejumlah Rp. 10,3 Triliun ke 4,3 juta yang menerima.


"Perseroan memiliki komitmen untuk memberikan dukungan penuh program ini dengan arah untuk memompa kembali lagi renyut nadi perekonomian lewat aktor usaha mikro," tandas Aestika.

Postingan populer dari blog ini

The questioning of values and norms of Australian identity is ever-present.

Tangisan Seorang Warga Surabaya Ketika Curhat ke Wali Kota

The home they had set their heart on for years lay in ruins and so did their plans for the future.